WIRAUSAHA DALAM MELAKUAKAN PERENCANAAN DAN PEREKRUTAN TENAGA KERJA

Oke, dalam penulisan tugas softskill yang berikutnya disini saya akan membahas perencanaan dan perekrutan tenaga kerja. Dalam penulisan ini mungkin kita sudah ketahui bahwa, salah satu kunci utama dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional terletak pada proses rekrutmen, seleksi, training and development calon tenaga kerja. Namun, untuk mencari tenaga kerja tersebut tidaklah semudah membalik telapak tangan. Sebagaimana sebuah perusahaan layaknya, suatu wirausaha baik dalam bentuk kecil maupun besar harus mampu membuat langkah perencanaan dan rekrutan tenaga kerja yang lebih efektif, guna untuk kelancaran usahanya ke depan.

Maka untuk mendapatkan tenaga kerja yang baik, tentunya harus ada perencanaan yang baik juga. Dalam proses ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti perkiraan akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, serta waktu dan sebagainya. Biasanya ada dua factor yang harus diperhatikan, yaitu factor internal dan eksternal. Hal lain yang perlu dilakukan juga adalah dengan membuat sebuah pengumuman maupun berita melalui selebaran ataupun media cetak yang memuat pemberitahuan akan adanya sebuah lowongan pekerjaan yang ada.

Tentunya umumya proses rekrutmen di lakukan untuk mencari calon atau kandidat tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam suatu wirausaha. Pada tahap ini akan dilakukan analisis jabatan maupun pekerjaan yang ada. Dalam tahap ini juga seleksi akan dilakukan, agar dapat menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Tahap awal yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah melihat daftar riwayat hidup/cv/curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja/interview dan proses seleksi lainnya. Jika semua proses selesai dilakukan tentulah akan ditemukan beberapa dari calon tersebut yang memenuhi kriteria yang diinginkan. Tentunya harus sesuai dengan jabatan atau lowongan pekerjaan yang dibutuhkan tadi. Calon pekerja yang akan diterima biasanya akan melalui beberapa proses uji coba kerja yang sudah ditentukan oleh tempat atau perusahaan dimana mereka di terima kerja. Hal ini dilakukan agar sebuah wirausahawan tidak akan merasa kurang puas nantinya terhadap pekerja yang baru, karna sebelumnya sudah dilakukan uji coba dan tentunya si pekerja ini sudah memenuhi kriteria-kriteria yang sudah di tentukan sebelumnya.

Maka dari yang telah tertera diatas dapat di ketahiu bahwa untuk sebuah wirausaha tidak lah mudah untuk mendapatkan pegawai/karyawan yang memenuhi syarat secara langsung. Maka dari itu harus dilakukan perencanaan dan perekrutan yang baik agar tenaga kerja yang dihasilakan juga akan lebih baik tentunya.

 

Sumber :

http://ipstudents-uii.org/?cat=5

http://organisasi.org/makalah-tentang-perekrutan-tenaga-kerja-dasar-dasar-bisnis-oleh-farchan-ipb

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/perencanaan-wirausaha-dan-perekrutan-tenaga-kerja-sumber-daya-manusia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s