MARKETING MIX 4P

Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial yang seseorang atau kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan melalui penciptaan dan pertukaran nilai barang dan jasa. The American Marketing Association mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.Pemasar tentunya menjadi alat yang berbeda untuk mendapatkan respons yang diinginkan dari pelanggan atau terbaik dalam memenuhi kebutuhan mereka. Dalam lingkup ini alat ini dikenal sebagai The Marketing Mix. Marketing Mix mungkin istilah yang paling terkenal dalam pemasaran.

 

Marketing Mix

Marketing Mix adalah kombinasi dari alat pemasaran bahwa perusahaan menggunakan untuk memuaskan pelanggan sasaran mereka dan mencapai tujuan organisasi. McCarthy diklasifikasikan semua alat pemasaran dalam empat kategori besar :

  • Produk
  • Harga
  • Tempat
  • Promosi.

Keempat elemen diatas adalah komponen dasar dari rencana pemasaran dan secara kolektif disebut 4 P pemasaran. 4 P berhubungan lebih produk fisik daripada jasa yang. Berikut adalah sebuah ilustrasi untuk bauran pemasaran.

 

Hal penting untuk dicatat adalah bahwa semua empat P (variabel) yang dikontrol, tunduk pada kendala internal dan eksternal lingkungan pemasaran. Pemasar, menggunakan berbagai campuran dari variabel-variabel ini, dapat menargetkan kelompok yang berbeda dari pelanggan yang memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadi, pelanggan bisa menghubungi marketing mix “menawarkan”.

 

Dalam penulisan tugas kali ini saya mengambil contoh untuk membahas mengenai pengaplikasian Teori Marketing Mix pada PT. FRISIAN FLAG INDONESIA. Secara operasional, marketing mix didefinisikan sebagai suatu alat marketing yang dipakai PT. FRISIAN FLAG INDONESIA untuk mempengaruhi konsumen didalam mengambil keputusan pembelian produk susu. Marketing mix yang ada pada PT. FRISIAN FLAG INDONESIA terdiri dari empat komponen yaitu :


Produk
Produk adalah persembahan yang sebenarnya oleh perusahaan untuk pelanggan sasaran yang juga mencakup hal nilai tambah. Produk mungkin berwujud (barang) atau tidak berwujud (jasa).Sementara untuk merumuskan strategi pemasaran ada beberapa keputusan produk meliputi :

  • Apa yang ditawarkan?
  • Nama merek
  • Kemasan
  • Kualitas
  • Penampilan
  • Fungsi
  • Aksesoris
  • Instalasi
  • Setelah layanan purna jual
  • Garansi.

 

Price

Harga termasuk strategi harga perusahaan untuk produk-produknya. Berapa banyak pelanggan harus membayar untuk produk? Strategi penetapan harga tidak hanya terkait dengan margin keuntungan tetapi juga membantu dalam menemukan target pelanggan. Keputusan harga juga mempengaruhi pilihan saluran pemasaran. Keputusan Harga sudah termasuk :

  • Harga Strategi (Penetrasi, Skim, dll)
  • Daftar Harga
  • Pembayaran periode
  • Diskon
  • Pembiayaan
  • Kredit istilah.

Menggunakan harga sebagai senjata untuk saingan sudah setua umat manusia. tapi itu terlalu berisiko. Konsumen sering sensitif untuk harga, diskon dan penawarantambahan. Aspek lain dari harga adalah bahwa produk mahal dianggap berkualitas baik.

Place

Tempat (Penempatan), ini tidak hanya mencakup tempat di mana produk ditempatkan, semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin ketersediaan produk yang ia tot ditargetkan pelanggan. Ketersediaan produk di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat dan dalam kuantitas yang tepat sangat penting dalam keputusan-keputusan penempatan.Keputusan penempatan meliputi :

  • Penempatan
  • Distribusi saluran
  • Logistik
  • Persediaan
  • Order pengolahan
  • Pasar cakupan
  • Pemilihan anggota saluran.

 

Promotion

Promosi mencakup semua kegiatan komunikasi dan menjual untuk membujuk prospek masa depan untuk membeli produk. Keputusan promosi meliputi :

  • Iklan
  • Jenis Media
  • Pesan
  • Anggaran
  • Penjualan promosi
  • Pribadi menjual
  • PR
  • Langsung pemasaran.

Karena biaya ini sangat besar dibandingkan dengan harga produk, Jadi ada baiknya untuk melakukan analisis impas sebelum mengalokasikan anggaran. Ini membantu dalam menentukan apakah pelanggan baru senilai biaya promosi atau tidak.

Hal ini sering membutuhkan waktu dan memerlukan riset pasar untuk mengembangkan bauran pemasaran yang sukses. Anda tidak harus tergantung pada satu bauran selalu mencoba campuran baru. Sementara merancang campuran, membuat perubahan untuk semua campuran sedemikian rupa sehingga semua menyampaikan pesan yang sama. Jangan membingungkan pelanggan Anda dengan hanya mengubah satu variabel dan menjaga sisanya sama.


Batasan Marketing Mix

Marketing Mix (4 P) lebih berguna dalam 19-an ketika konsep produksi dan produk-produk fisik berada di proporsi yang lebih besar. Hari ini, dengan konsep pemasaran terbaru, lingkungan pemasaran telah menjadi lebih terintegrasi. Jadi, dalam rangka untuk memperpanjang kegunaan dari bauran pemasaran, beberapa penulis memperkenalkan P kelima dan kemudian tujuh P (People, Kemasan, Proses). Tetapi pondasi Marketing Mix masih berdiri di dasar 4P itu.

 

Terakhir saya lampirkan tampilan dari situs resmi PT. FRISIAN FLAG INDONESIA yaitu http://www.frisianflag.com/ berikut ini gambarnya :

benderaa
bendera

3 thoughts on “MARKETING MIX 4P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s