RESOURCE DESCRIPTION FRAMEWORK

Sebelum saya mengulas tentang apa itu Resource Description Framework, saya berharap teman-teman pembaca bisa mengikuti perkembangna blog Airnanda ini. Saya pribagi sebetulnya juga belum sempat belajar banyak tentang web semantic dan hingga akhirnya berujuk pada Resource Description Framework.

Web semantik pada dasarnya merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.

Istilah web semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan web semantik. Web semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.

RDF – (Resource Description Framework) adalah suatu bahasa untuk merepresentasikan informasi tentang resources dalam World Wide Web. RDF pada dasarnya diperuntukkan secara khusus untuk merepresentasikan metadata dari web resources, seperti judul, pengarang, dan tanggal modifikasi dari suatu halaman web, copyright dan informasi lisensi dari dokumen web. Namun mengingat, konsep dari web resources yang sangat umum/general, RDF juga dapat digunakan untuk merepresentasikan informasi tentang segala sesuatu yang dapat diidentifikasi di World Wide Web, bahkan untuk sesuatu yang tidak dapat diperoleh secara langsung dari web. Contoh : informasi tentang item-item yang tersedia dari fasilitas belanja on-line (misal: informasi tentang spesifikasi, harga dan ketersediaan suatu produk).RDF diperuntukkan pada situasi di mana informasi akan diproses lebih lanjut oleh sebuah aplikasi, dan bukan hanya ditampilkan ke user saja. RDF menawarkan sebuah framework untuk merepresentasikan informasi sekaligus untuk menjaga agar informasi tidak kehilangan arti/maksud yang dikandungnya ketika dipertukarkan antar aplikasi yang berbeda.RDF muncul berdasarkan pada ide tentang mengidentifikasi sesuatu menggunakan web identifiers (dikenal sebagai URI – Uniform Resource Identifiers) dan ide tentang mendeskripsikan resources berdasarkan property dan value-nya. RDF merepresentasikan sebuah pernyataan sederhana tentang resources dalam bentuk sebuah graph beserta nodes dan arc-nya.

Nah utuk mengenali tentang contonya saya pribadi belum paham betul, jadi singkat cerita baru ini saja yang saya perdalam…

Selamat membaca dan dipahami teman teman..

Dokumen sumber :

http://blog.its.ac.id/januarcsitsacid/2007/10/08/pengenalan-rdf-resource-description-framework/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s