Mengganti Sikat Gigi

Apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah karang gigi ? Yang utama adalah menyikat gigi secara teratur. Selain itu kontrol kedokter gigi, serta menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi. Penggunaan obat kumur juga bisa membantu mengurangi terbentuknya karang gigi.

Karang gigi umumnya terbentuk setiap 6 bulan. Dan itu adalah waktu yang tepat untuk membersihkan dan merangsang gusi supaya tidak timbul karang gigi, yang akhirnya membuat pasien berdarah setiap kali sikat gigi, tak kuat minum asam manis, panas dingin.

Yang tak kalah penting adalah mengganti sikat gigi setiap 3 bulan. Kalau bulu sikat sudah berhamburan sebaiknya segera diganti, karena bulu sikat itu tidak mampu lagi meyikat dengan baik. Bulu sikat yang tidak bagus otomatis membuat sisa-sisa makanan tidak bisa dibersihkan dan akhirnya tertinggal di sela-sela gigi.

Meski idealnya diganti setiap 3 bulan, namun jika cara menyikat gigi terlalu keras dan bulu sikat giginya gampang cepat mekar, sebaiknya sikat gigi diganti setiap 1 bulan sekali. Sikat gigi elektrik bisa membantu, karena gerakannya sudah diatur sedemikian rupa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s