Robot Penjelajah Laut

Robot Penjelajah Laut

Setelah sukses meluncurkan alat pemisah daging ikan dengan tulangnya, peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) memperkenalkan karya terbarunya yakni robot penjelajah laut atau bawah air 45.

Hasil riset terbaru ini diperkenalkan oleh Prof Indra Jaya Dekan Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB di Gedung Pasca-Sarjana, baranangsiang, Kota Bogor, Rabu (29/10) siang. Robot yang dikembangkan itu adalah sejenis ROV (Remote Operating Vehicle).

Indra menamai alat tersebut Robot Jelajah Bawah Air (RJ-45). Angka 45 menunjuk ke spesifikasi kedalaman jelajahnya, yakni 45 meter. “Jadi masuk ke dalam kategori ROV laut dangkal, bukan untuk laut dalam,” ujarnya.

Pengembangan RJ-45 ini adalah kerja sama dengan Suku Dinas (Sudin) Kelautan dan Perikanan Kepi\ulauan seribu. RJ-45 dirancang untuk memantau lokasi bawah air, khususnya dalam penempatan objek bawah air seperti rumah ikan (fish shelter) atau rumpon bawahair.

Di samping itu, lanjut Indra, RJ-45 dierancang untuk dapat mengamati posisi pipa atau kabel bawah laut. Robot seberat 15 kilogram ini berbentuk segi empat dan dilengkapi kamera perekam seperti CCTV.

Kemampuan RJ-45 dikembangkan lebih ke arah observasi bawah air, bukan pada ekstraksi (pemanfaatan) sumber daya yang ada. ROV yang ada sekarang ini umumnya memang dirancang untuk keperluan observasi

Robot jelajah bawah air ini terbuat dari bahan stainless dengan tujuan supaya amapu tenggelam. Untuk menggerakan baling-baling digunakan genset yang aliran listriknya disuplai dari atas kapal. “jadi robot ini tetep diikat menggunakan kabel untuk mengaliri listrik.” Katanya.

Hasil karya senilai Rp100 juta ini sudah diuji coba di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s